Home » catatan kecilku: Support BALIKITA untuk terus berkarya ^_^

catatan kecilku: Support BALIKITA untuk terus berkarya ^_^

Ok, sebelumnya ana ingin mendahului postingan ini, bahwa ini adalah sebuah cerpen, eh sebuah catatan kecil, tapi jika mau dibilang curhatan hati juga g' papa. Dilihat dari judulnya, maka ini memang merupakan suatu support dari ana untuk balikita ^_^, ya berhubung karena ana bukan seorang web designer, ataupun programmer, apalagi hacker, ana hanyalah seorang facebooker biasa dan blogger beginner. Apa yang ana bisa hanyalah berbagi tulisan melalui blog yang kata orang unyu-unyu banget ini :P.

Langsung aja, catatan dimulai...

Awal perkenalanku...
Ana berkenalan dan mulai bergabung di balikita baru sebulan yang lalu. Ntah, dari mana, dan siapa yang mengenalkan balikita pertama kali kepada ana, ana sendiri g' terlalu ingat. Yang jelas dengan bergabungnya disitu, ana menemukan banyak hal unik dan menarik dari dunia tweeking dan lainnya. Mulai dari mebuat tombol subsribe, sampai dengan gambar, tautan, dan lainnya. Dan yang paling membuat ana terkesan adalah dimana tidak ada kata "rahasia" dalam forum balikita. Semua disharing untuk sebuah pembelajaran "sharing learning".
Pengalamanku pertama kali, ketika ada yang memosting dengan subscribe button, ana langsung penasaran, dan langsung menanyakan "how". Dan tak seperti yg ana bayangkan ternyata direspons dengan cepat, dan langsung "to the point" ke code serta cara membuat tombol tadi(terkadang kalau digrup lain klo bertanya malah dikacangin). Belum mengerti tentang kode, lalu anapun bertanya. Dan kemudian direspon lagi dengan baik. Begitulah seterusnya, forum balikita tidak mengenal kata "rahasia" dan kata "lelah" untuk menshare kepada newbi seperti ana.
Beberapa minggu berlalu, ternyata masih banyak lagi trick facebook yang ada didapat dan dishare di forum balikita. Dan facebookan pun terasa lebih menyenangkan, terlebih lagi bisa mengirimkan tautan-tautan unik. Itulah hal berbeda yang pertama kali ana rasakan di salah satu grup FB, dimana tidak ada kata "rahasia" diantara kita.
Contoh kecilnya: ketika ada temuan baru seperti "foto animasi" dan "script blank". Tidak ada yang dirahasiakan tentang jawaban dari kata "how" tadi. Dengan bermodalkan sabar untuk beberapa jam saja, maka jawaban tadi akan didapatkan langsung, dan dishare untuk bisa digunakan bersama. Itulah yang membuat rasa "berbeda" antara grup balikita dengan grup lain yang ana masuki di FB. Tak hanya itu, di balikita membernya bukan hanya Indonesia, tapi juga dari negara lain, dan itu membuat forum tersebut terasa lebih "waw" gitu.. ^_^.

ketika badai menghadang...

Pada saat itu, ketika ana pulang dari shalat taraweh tepatnya, ana membuka laptop untuk memulai penjelajahan baru didunia maya. Namun rasanya ada yang aneh dan mengganjal di dunia facebook. Seperti ada hal "penting" yang terlewatkan oleh ana. Selidik punya selidik, akhirnya ana mengetahui juga hal penting apa yang telah terlewatkan itu. Ya, Pro dan Contra terhadap "peristiwa terdaftarnya seorang putra Indonesia(AB) menjadi facebook whitehat". Awalnya ana bangga mendengar hal itu, namun kemudian kebanggan tersebut berubah menjadi sebuah kekesalan. So, apa yang salah dan apa yang menjadi masalah?
Ok, kronologisnya seperti ini:
Dimana "AB" melaporkan terdapat bug di facebook, yaitu "bug cript blank" yang memang ramai digunakan oleh blankers2 Indonesia untuk membela negara dan agama (.red) di facebook. Kemudian "AB"sebagai pihak pelaporpun mendapatkan hadiah dari FB sebanyak 1500 USD (wow udah bisa buat beli kereta tuh). Jujur dari hati yang sangat dalam, pada saat itu ana sangat bingung dan tidak tahu apa yang ana pikirkan pada saat itu(campur aduk). So, lihat aja ya keterangan jelasnya di gambar dibawah ini:
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiDtpTkwfJ1ZZlN0aZaRhvhGazPnzQ40xA4o2f5O3CJB6wWbz-ZUNOLWeN_PrCbowitdaoKxNGZvPjINCEBZrQZOd0iA9WMFJhHxFf6wlmnGMOQAcb0Gi3UUIiZyyYORw1lxKuhyq61_bw/s1600/gambar-asli-balikita.jpg
Anapun hanya bisa membaca satu persatu tulisan demi tulisan yang ada di postingan tersebut, terkait dari dua belah pihak (AB dan Balikita). Sejenak memang rata-rata yg mendukung AB mengaitkannya dengan uang. Jujur pada saat itu yang ada dipikiran ana juga adalah "seharusnya yang layak mendapatkan UANG dan penghargaan tersebut adalah dari balikita, atau paling tidak sebagai rasa terimakasih juga AB berbagi ke penemu bug tersebut". Jujur, dipikiran ana yang ada pada saat itu adalah uang. Kenapa bisa AB yang mendapatkan, padahal yang berjasa adalah founder dari balikita.
Ternyata semua yang ana pikirkan itu salah, disinilah ana mendapatkan "pelajaran baru" lagi yang lebih berharga, yaitu "etika menghargai" yang di ajarkan oleh balikita sendiri. Satu persatu terus ana baca, komentar demi komentar baik yang pro maupun kontra. Ingin rasanya ana ikut bergabung sebagai tim yang kontra, tapi apa daya, disatu sisi ana takut malah memperkeruh suasana, dan disisi lain karena ana sendiri g' di accept di grup tersebut (ups curhat lagi).
Jarum jam terus berputar, tak terasa pagi udah datang menghampiri, namun rasanya mata tidak ingin terpejam, mataku pada saat itu hanya ingin melihat dan mengetahui lebih lanjut tentang apa tindakan/komentar selanjutnya dari AB. Dan ternyata yang ditunggupun keluar juga, memberikan kata-kata statement yang *menurut ana sangat tidak bijak, membanggakan diri sendiri. Suasana semakin panas (.red). Dan satu persatu, keburukan demi keburukanpun terbongkar. Ternyata yang menjadi permasalahan adalah kata "menghargai" yang sedikitpun tidak dimiliki oleh pihak AB dkk sendiri. Disitulah ana mendapatkan pelajaran baru tadi, ternyata bukan uang yang menjadi permasalahannya, tapi melainkan "menghargai".
Memang dari postingan yang dipost dalam grupnya tersebut, jelas-jelas tidak ada memberikan penghargaan atau rasa terimakasih sedikitpun kepada si founder bugVuln ataupun forum balikita sebagai founder bug. Dengan "show off" postingan itu hanya memuji "Allah"(alhamdulillah masih ingat dengan Sang Pencipta) serta kata terimakasih terhadap member grup, ditambah dengan kata "makan-makan".
catatan kecilku: Support BALIKITA untuk terus berkarya
Disini ana mulai berpikir ternyata sifat "menghargai" lah yang sangat penting dimiliki. Itulah yang membuat kenapa members balikita kontra terhadap apa yang dilakukan oleh AB. Balikita memang sangat menjunjung tinggi etika menghargai. Bahkan di forumnya sendiri, selalu diajarkan bahwa jika membuat postingan haruslah menyertai sumber ataupun referensi secara langsung maupun tidak langsung. Ya karena sifat ini sangat berbahaya, apalagi ketika orang lain (generasi hacker muda) meniru perbuatan tersebut, mengklaim secara sepihak, tanpa ada rasa terimakasih dan lainnya. Maka inilah yang ditakutkan dimasa kedepannya, jikalau muncul lagi pemikiran "mata duitan" yang menghalalkan segala cara untuk mendapatkan "nama" dan "uang".
Kalau sudah seperti ini, bagaimana dengan bug yang lain?? ketika banyak orang yang senang menggunakan "script" tersebut(.red), eh ternyata script tersebut telah dilaporkan dengan alasan karena dapat membahayakan grup lain, padahal si pelapor juga menggunakannya (walaupun tidak mengakuinya).

Kebenaran pasti akan datang...
Ya, setelah ana mengerti permasalahan yang serius yang ternyata tidak lain adalah "menghargai". dan ternyata,tidak seperti yang ana kira, ternyata banyak postingan di blog cyber4rt yang bersumber dari forum balikita sendiri, namun tidak ada sedikitpyun credit/pemghargaan terhadap balikita. Seolah-olah cyber4rtlah founder dari postingan2 tersebut. Maka ini tak ubahnya adalah merupakan pengklaiman "sepihak". PAdahal dulu, cyber4rt juga merupakan langganan ana ternyata oh ternyata....(tapi itu dulu). Ups, postingannya dah lari... :).
Kembali ke masalah badai yang menghadang tadi, ternyata tidak ada terbenak sedikitpun dari hati AB untuk mengucapkan kata teriakasih kepada founder bugVuln trersebut. Padahal kalau hanya melaporkan saja , maka ratusan bahkan ribuan member balikita bisa saja melaporkannya, tapi balikita mengajarkan bahwa uang itu bukanlah segalanya. Yang terpenting adalah sharing dan learning (newbie inside).

Pelajaran lainnya...
Setelah ana mendapatkan sebuah pelajaran bahwa "ilmu itu lebih penting daripada uang, dan uang bukanlah segalanya. Berbagi ilmu itu lebih baik daripada berbagi uang". Kini/hari ini ana mendapat pelajaran lain dari forum balikta, dimana ketika "pro dan kontra" semakin memuncak, tanpa ana sangka, para admin mengajak untuk tidak larut dalam hal yang tidak berguna tersebut. Para admin mengajak balikita members untuk tidak terpancing emosi (bulan ramadhan coyy..) dan mengajak untuk merelakannya saja, dan menganggap itu sebagai sebuah batu loncatan untuk lebih maju lagi kedepannya.

" Buat teman teman semua member setia balikita[dot]net , jangan lah terpancing dengan hal hal yang sudah terlanjur. kita relakan saja anggap itu bukan rejeki dari kita. Itu pukulan telak buat kita untuk maju ke depannya lagi.
Ingat prinsip kita " Sharing Learning " saya sendiri sebagai admin dan founder balikita[dot]net berusaha semaksimal mungkin mempertahankan keberadaan komunitas yang sudah saya bangun susah payah dengan segala keterbatasan saya baik dalam hal pembiayaan dan coding. WE ARE THE BEST .....
Best regard : Balikita Team
Ntah apa yang ana rasakan, yang jelas ana sangat iri, dimana para admin yang sebenarnya berada jatuh lebih dalam pada masalah tersebut bisa lebih tenang, daripada "ana" yang hanya menjadi members biasa bahkan tak tahu apa yang dirasakan (terlalu terbawa emosi, padahal g' bisa emosi). Dan itulah mungkin yang belum bisa ana jaga. Dan kembali lagi balikita mengajarkannya...

cobaan bertubi-tubi...
Ketika masalah tersebut datang menghampiri, dan belum selesai, ternyata cobaan lain datang menghadang. Web forum balikita "diserang" oleh orang yang tidak bertanggung jawab (nick name "Angga Bhandel"). Dan kini, forum balikita masih dalam maintenance. Ana sebagai seorang blogger beginner sekaligus facebookers newbie tidak bisa membantu apa-apa, hanya bisa mensupport kaka'-kaka' admin balikita untuk tetap berkarya. Kami tahu yang terbaik, karena itu kami akan selalu mensupport balikita ^_^.

Beberapa pelajaran yang ana dapatkan dari balikita ^_^:
  • code-code dan trick dan rahasia-rahasia di facebook
  • trick internet/dunia maya
  • untuk selalu berbagi tanpa mengharap apapun/tidak pelit :P
  • bersabar dan terus berusaha dalam keadaan apapun
  • untuk selalu menghargai karya orang lain
  • semangut untuk maju terus dan pantang menyerah
  • uang bukanlah segalanya, tapi ilmu yang dibagi itu lebih baik.
  • masih banyak lagi lainnya
Harapanku
Ana bukanlah seorang hacker, web designer dan apalah namanya. Ana hanyalah seorang blogger pemula, facebooker newbie, dan penjelajah dunia maya yang memang hobby membaca apalagi membaca komentar orang di FB dan yahoo (curhat lagi.. :P), membuat suatu kesimpulan, dan akhirnya mensharing dari apa yang telah ana baca. Sebenarnya ada banyak sekali pelajaran yang ana dapatkan dalam tiga hari ini. Thank You untuk semuanya!.
Namun disamping itu, sangat disayangkan jika hacker-hacker Indonesia harus bermusuhan, saling menyerang satu sama lain. Semoga kedepannya, semua pihak bisa saling menghargai, mendukung dan terus berkarya untuk memberikan yang terbaik bagi kemajuan IT di Indonesia khususnya. Semoga saja kedepannya hacker-hacker Indonesia bisa bersatu untuk satu tujuan yang nyata dan pasti.

The Last but not least
Ana sebagai newbie tidak bisa membantu banyak, melalui ilmu maupun uang, kami hanya bisa membantu melalui doa untuk yang terbaik bagi balikita^_^. Terimakasih kepada mastah2 yang secara tidak langsung telah mengajarkan kami tidak hanya membagi ilmu dunia maya, tapi juga mengajarkan kami untuk mendewasakan diri dalam menghadapi masalah di dunia may ^_^.
Thank's buat Balikita! ^_^ We always support balikita untuk terus berkarya!
Tak perlu dengar kata mereka, teruslah berjalan....
Proud to be BALIKITA members... ^_^

#image credit to : http://www.magetan-it.org

FEATURED and RECOMENDED POSTS
1. Iconia PC tablet dengan Windows 8 pilihan terbaik
2. Iman anda menipis? Jangan dibiarkan begitu sajat... Isi ulang iman anda disini
Pasang Link Blog/Iklan anda disini. Hanya 20 ribu tampil disetiap postingan. minat? klik disini
Comments
0 Comments